8 Alat Cek Gula Darah yang Jarang Orang Ketahui

Pernahkah kamu mendengar tentang alat cek gula darah? Alat ini berfungsi untuk melihat kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Penting bagi kamu untuk mengetahui berapa banyak gula dalam tubuhmu agar tetap terkontrol.

Sebelum beralih membahas alat untuk cek gula darah, sebaiknya ketahui dulu mengenai gula darah dalam tubuh. Gula darah normal dapat menunjang kinerja tubuh dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Cara Tubuh Memproduksi Gula Darah

Ketika mengkonsumsi karbohidrat, maka akan diubah menjadi lebih sederhana disebut glukosa. Saat glukosa masuk dan menyerap dalam peredaran darah, pada saat itulah terjadi pelonjakan atau peningkatan kadar gula darah.

Ini semua disebabkan karena metabolisme dari karbohidrat dipecah menjadi glukosa, kemudian glukosa masuk ke peredaran darah. Gula darah kamu meningkat. Di dalam tubuh ada sel beta pankreas yang menghasilkan atau memproduksi hormon insulin.

Apa itu hormon insulin? Hormon insulin adalah hormon yang membawa gula darah atau glukosa ke dalam sel. Fungsinya mengatur agar kadar gula darah dalam tubuh tetap normal. Untuk itu kamu perlu mengetahuinya dengan alat cek gula darah.

Mengapa Orang Bisa Mengalami Diabetes atau Tekanan Darah Tinggi?

Pada orang yang sudah mengalami diabetes atau kencing manis, terjadi kerusakan pada sel beta pankreas. Sehingga gula darah tetap berada dalam darah sehingga inilah penyebab gula darah tidak kunjung turun. Sehingga harus mengkonsumsi obat atau disuntik insulin.

Ketika glukosa dalam darah masuk ke dalam sel, otomatis kadar glukosa akan turun. Setelah masuk ke dalam sel, glukosa digunakan sebagai sumber energi. Selebihnya akan disimpan di dalam hati.

Jadi pada kondisi telat makan, cadangan di hati yang tadi disimpan dalam bentuk glikogen digunakan sebagai energi untuk tubuh. Kalau menyimpan cadangan setiap hari dan jumlahnya berlebihan ini akan menumpuk menjadi lemak dan bisa menjadi sumber penyakit.

Jumlah Gula Darah Normal dalam Tubuh

Kadar gula normal ketika puasa yaitu sebesar 4-7 mmol/l atau 72-126 mg/dl. Lalu 90 menit setelah makan menjadi 10 mmol/l atau 180 mg/dl. Pada malam hari sebesar 8 mmol/l atau 144 mg/dl.

Kalau sedang tidak puasa, kadar gula normal 2 jam setelah makan yaitu 80-180 mg/dl. Dan pada waktu normal idealnya adalah 80-144 mg/dl. Kalau di angka 180-199 mg/dl masih dalam kategori aman tapi perlu diwaspadai.

Jika sudah diatas angka 200 mg/dl kamu harus cek ke dokter karena itu dapat menjadi tanda bahwa kamu terkena diabetes. Penting untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Supaya organ-organ dalam tubuh bekerja dengan baik.

Bagaimana Bila Kadar Gula Darahmu Tinggi?

Kalau kamu tes dengan alat cek gula darah dan hasilnya tinggi berarti terkena diabetes? Diabetes memang dapat ditandai dari kadar gula darah tinggi, tapi gula darah tinggi tidak selalu langsung berarti diabetes. Untuk memastikan, kamu perlu konsultasi dulu ke dokter.

Dokter akan merekomendasikan serangkaian pemeriksaan untuk cari tau apakah kamu terkena diabetes atau tidak. Gula darah tinggi sebaiknya jangan disepelekan atau diabaikan begitu saja.

Kalau tidak ada tindakan untuk mengurangi kadar gula darah tinggi, bisa merusak pembuluh darah, saraf, dan organ tertentu dalam tubuh. Seperti mata, ginjal, otak, serta jantung, yang dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti gangguan fungsi retina bahkan sampai stroke.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Kadar gula darah sebenarnya dapat diturunkan dan dikendalikan dengan konsumsi obat-obatan. Pada kasus diabetes akut, suntik insulin juga bisa jadi cara buat menurunkan dan mengendalikannya dengan alat cek gula darah. Tentunya harus dengan rekomendasi dari dokter.

Kalau kamu sudah menderita diabetes, atau ingin menghindari tubuh dari diabetes dapat memperbaiki gaya hidup. Perbaikan gaya hidup bisa dijalani secara mandiri di rumah dilakukan dengan cara:

  1. Turunkan berat badan. Karena berat badan berlebih bisa menyebabkan gula darah jadi lebih sulit terkontrol. Bahkan riset mengatakan kalau kamu menjaga berat badan ideal, risiko terkena diabetes bisa berkurang hingga 58%.
  2. Olahraga secara teratur. Ketika kamu rajin olahraga, sensitifitas insulin dalam tubuh bisa meningkat. Sehingga sel-sel tubuh dapat mengolah kelebihan gula darah sebagai sumber energi dengan lebih efisien.

Olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, dan berenang sudah ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Olahraga minimal 30 menit perhari 3-5 kali seminggu atau total 150 menit per minggu.

  1. Tidur cukup. Kalau kamu suka begadang atau jam tidurmu tidak teratur, mulai sekarang coba diperbaiki. Karena kualitas tidur buruk atau waktu tidur yang kurang, bisa meningkatkan nafsu makan.

Hal itu dapat memperbesar peluang buat makan atau ngemil di luar jam makan. Ujung-ujungnya berat badan jadi lebih gampang naik. Jadi setiap harinya kamu perlu tidur setidaknya sekitar 7-9 jam.

Usahakan tidur malam, jangan pagi atau siang, supaya sesuai dengan jam biologis tubuh. Agar makin nyenyak, coba buat kamarmu lebih nyaman. Misalnya dengan pasang lampu tidur atau membersihkan kasur sebelum tidur.

  1. Cek kadar gula darah secara rutin dengan alat cek gula darah. Kalau kamu berisiko terkena diabetes atau mungkin sudah terdiagnosis dengan kondisi ini, sebaiknya ukur dan catat kadar gula darahmu setiap hari.

Kamu bisa pakai alat untuk cek gula darah atau glokumeter yang banyak dijual di apotek atau toko online. Pengukuran rutin bertujuan untuk memastikan apakah kadar gula darahmu masih terkontrol.

Jadi kalau tiba-tiba terjadi lonjakan gula darah, kamu dapat langsung tau dan secepatnya melakukan pertolongan pertama yang dianjurkan dokter. Kemudian segera memeriksakan diri ke dokter dan cek dengan alat cek gula darah.

  1. Kendalikan stress. Ketika lagi stress, tubuh bisa mengeluarkan hormon glukagon dan kortisol. Kedua hormon ini bisa memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Lalu ada stress eating, dimana kamu ingin makan banyak buat menenangkan diri.

Makanya, kamu perlu mengendalikan stress supaya kadar gula darahmu bisa kembali normal. Mengendalikan stress tidak harus ribet dan mahal. Bisa dengan olahraga, yoga, meditasi, latihan pernapasan, bikin jurnal harian untuk mengeluarkan isi hati dan beban pikiran.

Atur skala prioritas atau melakukan hal-hal yang bikin kamu senang, sudah bisa bantu kamu lebih tenang dan jauh dari stress. Kamu juga dapat mengakhiri harimu dengan mengucap kalimat syukur untuk hal baik yang terjadi dalam hidupmu.

  1. Atur pola dan porsi makan. Kalau kamu punya kebiasaan makan hanya sekali atau dua kali tapi dengan porsi besar, sebaiknya jangan diterusin lagi. Pola makan seperti itu dapat membuat kamu mengalami lonjakan kadar gula darah tinggi.

Supaya gula darahmu lebih terkendali, kamu lebih dianjurkan makan tiga kali sehari dengan porsi yang sedang. Atau makan lebih sering dengan porsi yang kecil. Tidak berlebihan, tidak juga kurang.

Perhatikan pantangan dan anjuran menurunkan gula darah. Batasi makanan berlemak dan bergula tinggi seperti gorengan, mentega, coklat, susu, softdrink, boba, dan es krim. Jangan lupa hindari minuman beralkohol dan berhenti merokok.

Makanan dengan kalori besar atau mengandung zat tertentu menjadi gula ketika diolah tubuh, itu juga perlu dibatasi. Lebih baik kamu beralih ke jenis-jenis makanan yang baik untuk mengendalikan gula darah.

Alat Cek Gula Darah yang Bisa Kamu Temui dengan Mudah

Untuk memeriksa kandungan glukosa dalam tubuh, kamu bisa memakai alat untuk cek gula darah yang banyak dijual di pasaran. Caranya cukup mudah dan harganya pun terjangkau.

Berikut ini adalah alat untuk cek gula darah yang dapat kamu beli di apotek, klinik, atau online shop. Jenis dan kegunaannya berbeda-beda. Harganya pun bervariasi berkisar Rp. 140.000 hingga dibawah 1 juta rupiah.

  1. Easy Touch GCU 3 in 1

Alat cek gula darah yang pertama adalah Easy Touch GCU 3 in 1. Alat ini memiliki layar LCD sebesar 35x45mm yang bisa membantu melihat hasil tes dengan mudah, besar, dan jelas.

Selain itu, produk ini juga dapat memeriksa kolesterol, dan asam urat. Alat ini memiliki daya baterai cukup besar. Waktu pengecekan sangat cepat, hanya 10 detik untuk gula darah.

Dengan daya baterai yang besar membuat alat ini hemat daya. Harganya juga tidak terlalu mahal dan ramah kantongmu. Harga mulai dari Rp. 165.000 yang bisa kamu dapatkan di toko elektronik atau online shop.

  1. Abbott FreeStyle Optium Neo

Uniknya, alat cek gula darah yang satu ini dapat disambungkan ke komputer. Produk ini dapat digunakan untuk mengecek gula darah dan keton darah. Alat ini sudah memenuhi kriteria akurasi klinis.

Bentuknya minimalis, bisa disimpan dalam kantong. Alat ini dilengkapi fitur untuk mencatat dosis insulin yang telah dikonsumsi. Waktu pembacaan hasilnya hanya 5 detik untuk gula darah. Harganya mulai dari Rp. 500.000.

  1. Accu-Check Active

Accu-Check Active menjadi alat cek gula darah yang terbukti mudah digunakan. Sistem monitoring glukosa sudah berstandar internasional. Memiliki kapasitas penyimpanan hingga 500 hasil tes.

Teknologi ini dilengkapi alarm audio visual producnation. Bisa dipakai untuk semua sampel darah (kapiler, vena, arteri, neonatus). Accu-Check Active menggunakan post infra-red untuk manajemen informasi via electronic logbook ke komputer. Harganya mulai dari Rp. 375.000.

  1. OneTouch Ultra Easy

Sama seperti namanya, alat cek gula darah ini mudah digunakan hanya dengan sekali sentuh. OneTouch Ultra Easy dapat menampung 500 hasil tes dan dilengkapi tombol navigasi.

Pengukuran hanya 5 detik. Dalam satu paket kamu bisa mendapatkan peralatan pendukung seperti pen lancet, tas penyimpanan, 10 jarum, dan 10 strip. Harganya mulai dari Rp. 450.000.

  1. Bayer Ascensia Contour Plus

Akurasi yang dimiliki alat cek gula darah ini mencapai 99%, mendekati hasil laboratorium. Dibekali fitur pengingat membuat penggunanya lebih mudah dalam pemakaian. Juga dilengkapi fitur second-chance sampling.

Memori yang besar dapat menyimpan hingga 800 hasil tes. Garansi yang ditawarkan seumur hidup. Tanpa pengkodean dan tidak ada persyaratan penyiapan yang siap diuji langsung dari luar kotak. Harganya mulai dari Rp. 190.000.

  1. Autocheck CGU 3 in 1

Selain sebagai alat cek gula darah, Autocheck CGU 3 in 1 ini bisa mengecek kolesterol dan asam urat juga. Hasil pengecekan bisa keluar dengan cepat yaitu 5 detik untuk gula darah. Produk ini sangat praktis dan efisien.

Tingkat akurasi yang dimiliki sangat tinggi, yaitu keakuratan 95% untuk glukosa, 90% untuk kolesterol dan asam urat. Layarnya menggunakan LCD lebar dan bergaransi 5 tahun. Harganya mulai dari Rp. 200.000.

  1. Gluco Dr. Auto AGM 4000

Alat cek gula darah ini hanya membutuhkan 0,5 mcL sampel darah. Hasil bisa keluar cepat dalam waktu 5 detik untuk gula darah. Selain itu, produk ini bisa dikoneksi ke komputer dan memiliki teknologi auto coding, sehingga tidak perlu pengkodean manual.

Lebih hebatnya lagi, produk ini bergaransi seumur hidup. Tidak terbatas hanya 5 atau 10 tahun saja. Dengan kecanggihan alat ini jangan khawatir harganya mahal karena harganya mulai dari Rp. 200.000 saja.

  1. Nesco Multicheck GCU 3 in 1

Alat untuk cek gula darah ini bisa untuk cek kolesterol dan asam urat. Garansinya seumur hidup. Sampel darah yang dibutuhkan hanya 0,7 mcL. Kapasitas penyimpanan hingga 460 data. Harga mulai dari Rp. 140.000. Ini produk paling murah.

Setelah membahas mengenai gula darah, kamu harus mengontrol gula darah agar tetap stabil. Atur pola hidup dan pola makan sehat. Rutin periksa kadar gula darah menggunakan alat cek gula darah yang praktis dan bisa dipakai secara mandiri.